Peduli Literasi, Wartawan Media Online Magelang Donasikan Buku ke TBM

MAGELANG – Minat baca anak-anak di Desa Blondo, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah cukup tinggi. Terbukti dengan banyaknya anak di desa itu setiap hari mengunjungi Taman Bacaan Masyarakat (TBM) “Omah Buku” yang ada di Desa Blondo tersebut.

Hal itu menggugah kepedulian seorang wartawan media online Biro Magelang, Narwan, S.Pd. Sehingga dirinya mendonasikan sebanyak 15 buku ilmu pengetahuan (Iptek) dan 97 komik anak-anak, Rabu (14/12/2022) sore. Penyerahan buku secara simbolis diterima langsung oleh Pengelola TBM “Omah Buku”, Budi Susilo di TBM setempat.

“Kebetulan dulu saya pernah merintis TBM dengan nama yang sama, yaitu TBM Omah Buku. Namun karena kesibukan dan kurangnya dukungan dari beberapa pihak, akhirnya berhenti,” cerita Narwan.

Dituturkan, karena sangat peduli dengan pendidikan literasi anak-anak, akhirnya buku-buku yang sudah dimilikinya disumbangkan ke beberapa pihak. Seperti ke perpustakaan sekolah maupun perpustakaan desa secara sukarela.

“Karena masih ada beberapa buku yang bagus untuk pendukung pelajaran sekolah, serta puluhan komik anak-anak, saya donasikan ke TBM Omah Buku ini,” lanjutnya.

Narwan berharap, literasi di Desa Blondo dan sekitarnya terus meningkat. Terlebih menurut pengelola, saat ini anggota TBM Omah Buku sudah mencapai 839 anak.

Sementara Pengelola TBM Omah Buku, Budi Susilo, mengucapkan terima kasih atas donasi buku dari wartawan tersebut. Pihaknya merasa bangga dengan kepedulian jurnalis terhadap keberadaan taman bacaan masyarakat di sekitarnya.

“Terima kasih kepada Bapak Narwan atas kepedulian terhadap TBM ini. Buku-buku ini sungguh bermanfaat sebagai sumber ilmu, khususnya bagi anggota TBM Omah Buku,” ucapnya.

Budi menuturkan, taman bacaan ini mulai dirintis tahun 2017, namun baru diresmikan beroperasi pada Januari 2018. Saat ini koleksi buku TBM “Omah Buku” Desa Blondo sudah lebih dari 4.000 eksemplar, dari berbagai jenis buku.

Tak hanya itu, TBM “Omah Buku” tersebut juga pernah meraih Juara 1 Lomba TBM tingkat Kabupaten Magelang tahun 2019. Kemudian mendapat penghargaan dari Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) tahun 2021 lalu sebagai TBM Kreatif-Rekreatif. (*/Red)

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif
Penulis: Narwan NovanEditor: Enggar