Satpolairud Bantu Warga Jatiluhur Evakuasi Eceng Gondok

PURWAKARTA – Menjamurnya eceng gondok di Perairan Waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta ganggu aktivitas warga. Terutama saat menggunakan transportasi air.

Tanaman gulma ini telah menutupi jalan perahu yang melintas di perairan Waduk Jatiluhur. Tak ayal banyak perahu yang terjebak dalam kumpulan eceng gondok tersebut.

Baru-baru ini, Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud) Polres Purwakarta berhasil mengevakuasi perahu pengangkut pakan ikan usai terjebak dalam kumpulan eceng gondok.

Proses evakuasi kurang lebih dua jam itu, petugas melakukan pembukaan jalur yang tertutup eceng gondok agar bisa terlewati.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kasat Polairud Polres Purwakarta, AKP Jajang Sukandar, mengatakan, pihaknya kesulitan membuka jalur karena tebalnya eceng gondok yang menutup jalur itu.

“Alhamdulillah berhasil mengevakuasi perahu tersebut. Tadi memang eceng gondok sangat banyak jadi perahu kami tidak bisa mundur, setelah berhasil evakuai kami harus memutar jalan,” ujar Jajang, saat dihubungi melalui telepon selulernya pada Rabu, 28 Desember 2022.

Jajang juga mengimbau kepada penumpang dan pengguna transportasi air di perairan Waduk Jatiluhur untuk tidak memaksakan berlayar melintasi area berkumpulnya eceng gondok.

“Warga jangan memaksakan melintas di kumpulan eceng gondok dikarenakan dapat menghambat laju perahu yang mengakibatkan mesin trauble terlebih berlayar dimalam hari,” ucap AKP Jajang Sukandar.

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif
Penulis: AprilianiEditor: Enggar