Koramil 0602-08/Petir Sosialisasikan Kampung Pancasila

SERANG — Dalam Rangka Sosialisasikan Kampung Pancasila di daerah binaan Koramil 0602-08/Petir para Personil TNI dari Koramil 0602/Petir mengawali dengan mendatangi Desa Bojong pandan Kecamatan Tunjung Teja dan kemudian di lanjutkan ke tokoh pemuka agama, pemuda dan tokoh masyarakat di sekitar wilayah tersebut. Rabu, (9/3/2022).

Salah seorang masyarakat, Kosyri Al Bukhori mengatakan, bahwa dirinya sangat mendukung dan menyambut baik dengan adanya wacana Kampung Pancasila di Desa Bojong Pandan.

“Kami sangat mendukung, karena dengan adanya program Kampung Pancasila ini ,bisa lebih mempererat lagi tali silaturahmi masyarakat dengan TNI.Sesuai apa yang kita tahu TNI selalu ada untuk Rakyat, “ungkapnya.

Sementara itu, salah satu personil Koramil 0602-08/Petir,Serda Tatang menjelaskan, adapun maksud dan tujuan terciptanya kampung pancasila ini untuk mempererat tali silaturahmi agar terjalin rasa persaudaraan dan kerukunan berbangsa dan bernegara. Tentunya,tidak terlepas dari kerukunan beragama diantaranya tidak saling caci antar suku, ras, dan budaya.Menjunjung tinggi norma-norma agama, adat budaya berdasarkan ideologi pancasila.

“Dengan membudayakan akhlak sebagai mana Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya. Tentu hal seperti itu harus kita contoh, agar tetap terciptanya kebersamaan dan ke beragaman dalam kehidupan bertetangga yang berbudaya,”terangnya.

Selain itu, lanjut Tatang, untuk meningkatkan rasa tali persaudaraan antar sesama dan selalu mengedepankan ideologi pancasila.

“Apalagi, masyarakat generasi muda agar lebih paham tentang definisi dan ideologi pancasila guna membekali diri agar terhindar dari paham radikalisme yang bisa merusak tatanan kehidupan di masyarakat yang berusaha memecah belah kerukunan bermasyarakat,”ungkapnya.

Lebih lanjut, dikatakan Serda Tatang ,kegiatan yang ada di Kampung Pancasila ,semuanya berdasarkan pada nilai-nilai Pancasila, antara lain sikap dari nilai-nilai religius ber- Ketuhanan Yang Maha Esa sebagaimana penjabaran Sila Pertama, Nilai Kemanusiaan yang adil dan beradab, Nilai-nilai menjaga persatuan dan kesatuan, Nilai kerakyatan yang terpimpin dan menjunjung musyawarah atau permusyawaratan, serta Berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Jadi sudah bisa kita bayangkan bagaimana kehidupan yang dilandasi nilai Pancasila itu di Kampung Pancasila. Pasti ada kehidupan yang harmonis karena menjaga toleransi, saling menghargai dan menghormati, serta terwujud masyarakat yang berkeadilan,”pungkasnya.

Reporter : Suganda 

Editor : Enggar 

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif