LAPAS  

Lapas I Medan Wujudkan Hak Warga Binaan Dengan Dapur Sehat Berstandar Hotel

MEDAN – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Medan Kanwil Kemenkumham Sumut telah berbenah diri dengan merenovasi dapur masaknya menjadi “Dapur Sehat” yang menyerupai fasilitas dapur di hotel berbintang.

Inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan asupan gizi makanan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Kamis, (18/7/2024).

Kalapas I Medan Kanwil Kemenkumham Sumut, Maju Amintas Siburian mengatakan, dapur Sehat ini dirancang dengan memperhatikan aspek higienitas, regulasi, dan transparansi.

Hal ini sejalan dengan peraturan yang berlaku dan komitmen Lapas I Medan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para narapidana.

Makanan yang disajikan di Dapur Sehat ini mengikuti ketentuan dan jadwal makan yang telah ditetapkan. Menu masakan disusun secara berganti setiap 10 hari untuk memastikan variasi dan kecukupan gizi bagi para narapidana.

“Kami memastikan bahwa para narapidana mendapat edukasi tentang pentingnya menjaga kebersihan Dapur Sehat. Kebersihan tidak hanya sebatas tampak bersih, tapi juga terhindar dari virus dan bakteri,” tegas Kalapas.

Lapas I Medan berkomitmen untuk selalu terbuka dan transparan dalam pengelolaannya. Kalapas Maju Amintas Siburian menegaskan bahwa pihaknya selalu memberikan informasi terbaru dan tidak menyembunyikan apapun dari publik.

“Lapas I Medan selalu bersikap mengayomi para narapidana, karena mereka adalah manusia dan harus diperlakukan dengan manusiawi. Kami memastikan mereka mendapatkan fasilitas yang lengkap dan makanan bergizi,” jelas Kalapas.

Para warga binaan yang bertugas di Dapur Sehat Lapas I Medan telah melalui proses seleksi dan pelatihan yang ketat. Hal ini dilakukan untuk memastikan kesehatan dan higienitas di lingkungan dapur.

“Warga binaan yang menangani masak-memasak di Dapur Sehat telah melalui assessment dan di screening. Ini untuk memastikan kesehatan di ruang lingkungan dapur sehat Lapas I Medan”, ungkap Kasi Perawatan Rudi Icuana Sembiring SH, MH didampingi Kabid Pembinaan Tiwa Boru Sembiring.

Inovasi Dapur Sehat ini merupakan bukti komitmen Lapas I Medan untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan pembinaan bagi para warga binaan. Dengan menyediakan makanan yang sehat dan bergizi, Lapas I Medan berharap dapat membantu para warga binaan untuk menjalani masa pembinaan dengan lebih baik dan siap kembali ke masyarakat sebagai individu yang produktif dan bermanfaat.(red)

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif