LAPAS  

Lapas Narkotika Kelas IIA Pematangsiantar Berikan Pelayanan Gratis Skrining TBC, HIV/AIDS dan Siplis Kepada 100 Warga Binaan

PEMATANG RAYA – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIa Pematangsiantar berikan pelayanan gratis berupa skrining Tuberculosis (TBC) dan HIV/AIDS dan Sipilis bagi 100 Warga Binaan.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Lapas Narkotika Kelas IIa Pematangsiantar dan Puskesmas Pematangraya sebagai wujud dalam memberikan pelayanan kesehatan optimal di lingkungan Lapas.

Kegiatan ini disaksikan langsung oleh Bapak Kasubsi Bimkemaswat dan Dokter Lapas, Ibu dr. Siti Maria. Rabu, (17/7/2024).

“Kegiatan ini merupakan proses pemeriksaan kesehatan rutin untuk mendeteksi dan mencegah penyebaran penyakit menular di lingkungan lapas Narkotika Pematangsiantar,” ujar Andri Sembiring, Kepala Subseksi Bimkemaswat.

Pada kegiatan ini, pihak puskesmas menanyakan beberapa pertanyaan kepada Warga Binaan. Mereka dianjurkan jujur dan terbuka tentang riwayat kesehatan, riwayat penyakit, aktivitas seksual, dan riwayat penggunaan narkoba menggunakan suntikan, dilanjutkan pemeriksaan sampel dahak. Adapun dalam pemeriksaan HIV/AIDS dan Sipilis dilaksanakan tes sampel darah.

“Selain melakukan skrining tadi juga diberikan edukasi kepada Warga Binaan tentang pentingnya menjaga kesehatan diri, kebersihan lingkungan dalam upaya pencegahan terhadap penyakit menular,” jelas petugas Puskesmas Pematangraya.

Dari hasil tes yang telah dilakukan, semua Warga Binaan Lapas Narkotika Kelas IIa Pematangsiantar mendapat hasil negatif dan dinyatakan sehat. Diharapkan kegiatan ini terus berlanjut secara berkala demi upaya pencegahan penyakit menular di lingkungan Lapas.(red)

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif