Hari Pertama Pelaksanaan Asesmen Sumatif Akhir Tahun 2023-2024 di Sejumlah Sekolah Dasar Kecamatan Cimarga Berjalan Lancar

LEBAK – Ukur tingkat keberhasilan pembelajaran siswa, seluruh sekolah dasar di Kecamatan Cimarga melaksanakan Asesmen Sumatif Akhir Tahun (ASAT). Dari pantauan tintakitanews.com, hari pertama saat ini ASAT berlangsung di SDN 1, 2 Girimukti dan SDN 2 Cimarga. Senin, (6/5/2024).

Kepala Sekolah SDN 2 Cimarga, Muhidin mengatakan, Asesmen Sumatif Akhir Tahun ini dilakukan untuk mengukur sejauh mana peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan selama periode pelaksanaan pembelajaran.

“Khususnya mengetahui daya serap pada semua kompetensi dasar di seluruh mata pelajaran yang telah dipelajari,” katanya.

Senada dikatakan Siti Badrah, Kepala Sekolah SDN 1 Girimukti, Asesmen yang diselenggarakan oleh tingkat satuan pendidikan ini merupakan barometer ketercapaian dan keberhasilan standar kompetensi kelulusan sebagai dasar penentuan kelulusan dari satuan pendidikan bagi peserta didik.

Keterangan photo: Peserta didik ketika diberikan arahan sebelum melaksanakan Asesmen Sumatif Akhir Tahun.(ist)

“Insyaallah dengan seperti ini kompetensi di satuan pendidikan bisa semakin meningkat,” katanya.

Kemudian, lanjut Siti, sebelum hendak melaksanakan Asesmen pihaknya terlebih dahulu memberikan pesan dan motivasi kepada peserta didik agar selalu percaya pada kemampuan sendiri.

“Sebelum pelaksanaan dimulai guru di masing-masing kelas selalu memberikan arahan agar peserta didik lebih percaya diri terhadap kemampuannya,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 2 Girimukti, Tati Hartati berharap kegiatan Asesmen Tahun Ajaran Periode 2023-2024 ini bisa berjalan baik dan lancar tanpa ada hambatan.

“Semoga ujian tahun ini sukses lancar tanpa ada hambatan,” harapnya.

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif
Penulis: Sastra Wijaya Editor: Enggar