Tingkatkan Kualitas Mutu Pendidikan, SDN 1 Parungsari Gelar ANBK

LEBAK – SDN 1 Parungsari Koordinator Pendidikan Kecamatan Sajira gelar Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) pada Senin 23 Oktober 2023.

Kepala Sekolah SDN 1 Parungsari Tetei Rostiawati mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk pengembangan kompetensi sekaligus menumbuhkan karakter kepada peserta didik.

“Tujuannya adalah untuk memberi gambaran tentang karakteristik dan esensial sebuah satuan pendidikan,” katanya di sela-sela kesibukannya kepada awak Media.

Lanjutnya, dengan adanya Asesmen Berbasis Komputer Nasional ini, kedepannya nanti diharapkan dapat mengukur ketercapaian tingkat kualitas sekolah dalam mencapai mutu pendidikan.

“Hal itu dilihat berdasarkan kemampuan sumber daya di sekolah dalam pengoperasian sistem pengajaran berbasis ANBK,” ujarnya.

Kepala Sekolah SDN 1 Parungsari mengungkapkan bahwa, selain mutu pendidikan menurutnya, hal itu dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar yakni literasi serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim pendidikan yang mendukung pembelajaran.

“Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan belajar berikut Survei Lingkungan Sekolah,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Kepala Sekolah yang biasa disapa Bu Tetei berharap dengan adanya ANBK ini bisa bermanfaat bagi sumber daya di SDN 1 Parungsari .

“Terutama pada perbaikan mutu pembelajaran dan mutu tenaga pendidik dan kependidikan atau tata usaha serta pengembangan kompetensi dan karakter pada murid di SDN 1 Parungsari,” pungkasnya.

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif
Penulis: M.Toufik Editor: Enggar