Tumbuhkan Karakter Siswa Jelang ANBK, SDN 1 Panancangan Gelar Gladi

LEBAK – Dinas Pendidikan Kabupaten Lebak Koordinator Wilayah Satuan Pendidikan Dasar Kecamatan Cibadak tepatnya SDN 1 Panancangan melaksanakan gladi resik atau uji coba menjelang Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

Kepala Sekolah SDN 1 Panancangan, Cundiani mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk pengembangan kompetensi dan karakter murid guna menumbuhkan kepercayaan diri menghadapi ANBK.

“Tujuannya adalah untuk memberi gambaran tentang karakteristik dan esensial sebuah satuan pendidikan,” katanya kepada awak media Selasa,  (10/10/2023).

Lanjut Cundiani, dengan adanya Asesmen Berbasis Komputer Nasional kedepannya nanti diharapkan  mengukur ketercapaian tingkat kualitas sekolah dalam mencapai mutu pendidikan.

“Hal itu dilihat berdasarkan kemampuan sumber daya di sekolah dalam pengoperasian sistem pengajaran berbasis ANBK,” ungkapnya.

Menurutnya, selain mutu pendidikan hal itu dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar yakni literasi serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim pendidikan yang mendukung pembelajaran.

“Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan belajar berikut Survei Lingkungan Sekolah,” ujarnya.

Lebih lanjut, Cundiani berharap dengan adanya gladi ANBK ini bisa bermanfaat bagi sumber daya di sekolah khususnya di SDN 1 Panancangan, terutama pada perbaikan mutu pembelajaran dan mutu tenaga pendidik dan kependidikan atau tata usaha di tempat satuan Pendidikan.

“Terutama pengembangan kompetensi dan karakter pada murid di SDN 1 Panancangan. Semoga saat pelaksanaannya nanti bisa berjalan lancar tanpa ada hambatan,” pungkasnya. (Red)

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif
Penulis: Sastra Editor: Enggar