News  

Gugus III SD Tunjung Teja Gelar Perkemahan Silaturahmi Jilid II

SERANG – Gugus III Sekolah Dasar Kecamatan Tunjung Teja mengadakan Latihan Gabungan (Latgab) di lapangan yayasan Nurul Falah Bojong Pandan Kecamatan Tunjung Teja pada Minggu 11 sampai dengan 12 Desember 2022.

Latihan gabungan bersama tersebut mengusung tema “Ceria, Hebat, Bersahabat” dengan peserta antara lain dari Pangkalan SDN Catang 1, Pangkalan SDN Catang 2, Pangkalan SDN Jambu, Pangkalan SDN Bojong Pandan dan Pangkalan SDN Kemang.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Wakil Ketua Yayasan Nurul Falah Drs. Ajrum Firdaus, MM, Ketua PGRI Kecamatan Tunjung Teja Asep Awaludin, Ketua K3S Irwansyah, dan para elemen masyarakat yang ada di kecamatan Tunjung Teja berikut seluruh Pendidik dan tenaga kependidikan yang ada di Gugus III Kecamatan Tunjung Teja.

Sekretaris Kwaran Kecamatan Tunjung Teja Johana atau yang akrab disapa Kak Jo mengatakan bahwa, latihan gabungan merupakan wadah bagi anggota pramuka untuk berbagi pengalaman dan menambah wawasan kepramukaan.

“Kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan kompetensi antar pangkalan khususnya di Pangkalan yang ada di Gugus III,” ujarnya.

Lanjut dia, selain meningkatkan wawasan pengetahuan kegiatan Pramuka ini sebagai media silaturahmi antar anggota dan pembina di masing-masing pangkalan.

“Sehingga dengan seperti ini kita bisa dapat saling mengenal sesama anggota dari pangkalan berbeda,” ungkapnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan bahwa kegiatan latihan gabungan ini sangat berkesan. Menurutnya selain karena dapat saling mengenal dengan sesama anggota dari pangkalan berbeda, Latihan gabungan ini juga menjadi ajang berbagi pengalaman bagi seluruh adik-adik pramuka.

“Pokoknya berpramuka itu seru sekali, ” tutup Kak Jo, Sekretaris Kwaran Kecamatan Tunjung Teja.

Sementara itu Moh. Solehudin selaku Ketua Panitia pada kegiatan tersebut menambahkan, perkemahan silaturahmi Pramuka dan Latihan Gabungan (Latgab) 2022 ini bertujuan membentuk karakter adik-adik pramuka menjadi adik pramuka yang memiliki fisik yang sehat, terampil dalam segala hal, aktif dan memiliki jiwa yang religius. Adapun pada kegiatan ini kontingen dari masing masing Gugus Depan di Gugus 3 berjumlah sekitar 269 peserta

“Pada hari pertama kegiatan diawali dengan mendirikan tenda dengan kavling terpisah antara putra dan putri kemudian dilanjutkan dengan upacara pembukaan,” ungkapnya.

Kemudian, materi-materi yang disampaikan dikemas dalam sebuah giat rotasi yaitu PBB, Pioneering, semaphore, Morse, PUPK, dan Fun game. Kegiatan berlanjut di malam hari dengan upacara api unggun dan pentas seni.

“Sedangkan hari terakhir dimulai dengan senam bersama, Hiking dan Materi. Kegiatan Latihan Gabungan ini sangat bermanfaat bagi adik-adik pramuka, terlebih bagi mereka yang sedang berproses untuk menjadi Pramuka Garuda,” imbuhnya.

“Terimakasih atas doa dan dukungan seluruh pihak yang terlibat dalam Latihan Gabungan Pramuka Se-Gugus III Kecamatan Tunjung Teja,” pungkasnya.

Disisi lain salah seorang wali murid Ahmad Rifa’i sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh Satuan Pendidikan di gugus III Kecamatan Tunjung Teja. Menurutnya dengan kegiatan seperti ini bisa menumbuhkan rasa nasionalisme para peserta dan menerapkannya sebagai dasa darma di kehidupan sehari-hari.

“Semoga kegiatan ini terus berlanjut dan bermanfaat di lingkungan masing-masing sehingga menumbuhkan karakter yang berjiwa patriot sesuai asas Pancasila,” ungkapnya.

Dari pantauan kegiatan berjalan lancar dan kondusif.

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif
Penulis: KosyriEditor: Enggar